Kejar Kompetensi, SMK Baitussalam Lakukan Percepatan MoU Dengan Banyak Pihak

Kejar Kompetensi, SMK Baitussalam Lakukan Percepatan MoU Dengan Banyak Pihak
Kepala Sekolah SMK Baitussalam, Prasetyo Ani (kiri) berpse bersama dengan Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso didampingi salah satu perwakilan guru

Kota Pekalongan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitussalam, Kota Pekalongan terus berbenah. Demi menciptakan lulusan yang unggul, SMK Baitussalam secara berkala menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak. Setelah beberapa waktu lalu berhasil menjalin kerjasama dengan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Kini SMK Baitussalam juga menjajaki kerjasama sejenis dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan, Jum’at (4/11/16).

Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menyambut gembira niat baik perwakilan SMK Baitussalam untuk bisa menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan pertukaran teknologi di bidang IT.
Menurut Sri Budi, pihaknya sangat terbuka dengan dunia pendidikan Kota Pekalongan, termasuk SMK Baitussalam dan sangat peduli untuk membantu meningkatkan kemampuan anak didik di bidang IT.
“Kita ada berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk praktik seperti, lab komputer untuk pelatihan dan lab khusus animasi,” ucap Sri Budi.
Di bidang multimedia, kata Sri Budi, pihaknya juga memiliki dua lembaga penyiaran yang mampu mendukung praktik jurusan multimedia seperti Radio Kota Batik (RKB) dan Batik TV.
Baca Juga:

Fokus Tingkatkan Kompetensi SMK Baitussalam Jalin Kerjasama Dengan BPK RI

“Keduanya dibawah koordinasi Kominfo termasuk Sarana Komunikasi Diseminasi Informatika (SKDI) yang selalu berhubungan dengan media dan hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk belajar bagaimana mengolah dan mempraktikan Broadcase sesuai jurusan,” terangnya.
Kepala sekolah SMK Baitussalam Kota Pekalongan, Prasetyo Ani mengaku gembira, upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah diapresiasi oleh Diskominfo.
Kedepan menurut Ani, dirinya akan segera melakukan persiapan untuk meningkatkan penjajakan yang dilakukan menjadi sebuah hasil kerjasama yang kongkrit melalui MoU.
“Segera akan kita siapkan segala sesuatunya untuk bisa terjalin MoU dengan pihak Diskominfo,” ujarnya.
Sementara itu, kerjasama dengan pihak lain juga dilakukan SMK Baitussalam Kota Pekalongan seperti halnya tiga lembaga penting negara lainnya seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Pekalongan juga menjalin kerjasama yang sama dengan SMK Baitussalam.
Kepala BPS Kota Pekalongan, Eddy Prawoto menyatakan ketertarikan dengan isi kerjasama. Disamping pihaknya memang siap merealisasikan isi kerjasama di bidang pendidikan, juga sangat tertarik dengan jurusan multimedia yang ada di SMK Baitussalam.
“Saya cenderung mendukung jurusan multimedia untuk melakukan magang disini karena lebih pas dengan bidang keilmuan yang diajarkan. Sebab peserta magang akan lebih banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan BPS yang terprogram,” ungkap Eddy.
Terpisah, Wiwik Septi Herawati Kepala BPJS Ketenagakerjaan kota Pekalongan juga menyambut baik kerjasama cengan pihak SMK Baitussalam.
Menurut Wiwik, Kedepan ada beberapa agenda yang telah disusun untuk ditingkatkan menjadi kerjasama dengan SMK Baitussalam.
Hal yang sama juga disampikan Asep Subana Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Pekalongan yang juga menjalin kerjasama dengan SMK Baitussalam. Pihaknya memang memberikan kesempatan kepada pihak sekolah kejuruan di Kota Pekalongan untuk magang di tempatnya. Hal yang sama juga berlaku untuk SMK Baitussalam.
“Kami siap menempatkan siswa magang ke dalam unit kerja administrasi yang ada di BPJS secara bergantian seperti di pelayanan, pemasaran dan unit lainya,” kata Asep.
Diungkapkan Asep, saat masih bernama PT Askes (Persero), SMK Baitussalam pernah mendapatkan kesempatan magang, namun kini setelah berganti nama, kesempatan yang sama masih terbuka.
Diketahui, kerjasama dengan berbagai lembaga dan BUMN yang ada, menghasilkan beberapa keputusan penting seperti adanya BUMN Go To School atau BUMN mengajar, keterlibatan siswa magang kedalam kegiatan core Bussines BUMN atau lembaga yang bersangkutan dan kepersertaan anggota BPJS Kesehatan atau kepersertaan lainya sesuai dengan kebijakan lembaga atau BUMN terjalin.
Prasetyo Ani menambahkan, kalau tidak halangan, dalam waktu dekat pihak sekolah akan kedatangan Menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK akan tetapi belum bisa dipastikan siapa yang akan hadir.
“Yang jelas untuk Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah memberikan konfirmasi bisa hadir ke SMK Baitussalam untuk mengajar,” ungkap Ani.
Lebih jauh Ani mengatakan, tidak tertutup kemungkinan kedepan pihaknya juga bisa bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bisa hadir dan mengajar di SMK Baitussalam.
“Kami hanya bisa berharap semua bisa teralisasi untuk menjadikan SMK Baitussalam sekolah percontohan di bidang transparasi yang memiliki integritas dalam menanmkan budaya jujur tanpa korupsi,” pungkasnya.
Sumber : http://www.pekalongan-news.com/2016/11/kejar-kompetensi-smk-baitussalam.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *